Senin, 15 April 2013

Hebel alternatif bahan dinding


Jika dahulu dikenal batako untuk pengganti penggunaan batu bata, maka saat ini terdapat alternatif baru Hebel yaitu bata yang terbuat dari beton ringan.

Cara pembuatan Hebel:
Hebel atau beton ringan untuk bahan adonanya antara lain terdiri dari pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, air dan alumunium pasta sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi). Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan berfungsi sebagai pengembang yang berperan dalam mempengaruhi kekerasan beton. Volume alumunium pasta berkisar 5-8% dari adonan yang dibuat tergantung tingkat kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini latas dipotong sesuai ukuran.

Hebel ukuran lazimnya 20x60x10cm (pxlxt) atau tebalnya lebih kecil sedikit. dalam penggunaanya 1m2 dinding memerlukan 8,5 buah hebel. dari segi harga hebel memang lebih tinggi namun dari segi berat untuk struktur, hebel lebih ringan dan lebih cepat pengerjaanya. Hebel mudah dipotong dengan gergaji dan potonganya rapi. Permukaan hebel lebih halus sehingga menghemat semen pada tahap finishing seperti pada proses plester & aci. Kekuatanya melebihi batu bata atau batako biasa.

contoh : celcon block

Nama            : Hebel
Fungsi           : alternatif pengganti bahan dinding
ukuran/lebar  : 20x60x10cm (pxlxt)
keuntungan    : hemat biaya dan waktu pemasangan, struktur lebih ringan dan kuat dari batu bata atau batako



0 komentar:

Poskan Komentar