Selasa, 07 Mei 2013

Dinding Gypsum

Gypsum selama ini dikenal sebagai bahan plafond sebetulnya juga bisa digunakan untuk dinding, Memang dinding gypsum tidak sekuat dinding bata atau batako. Bahan ini biasanya digunakan untuk pembatas interior yang tidak menahan beban. Beban yang digantung di permukaan dinding gypsum harus berbobot kurang dari 32 kg, bila melebihi benda harus digantung tepat pada rangka gypsum. Gypsum standar ukuranya 1,2x2,4m dengan ketebalan 9-12 mm.

Kelebihan panel gypsum adalah sangat mudah dipasang bahkan orang awam sekalipun. Bobotnya ringan membuat pemasangan menjadi lebih hemat baik dari segi waktu maupun biaya. Dengan sistem rangka metal, gypsum yang sudah terpasang menjadi mudah dibongkar pasang.

Gypsum yang sudah terpasang dapat langsung difinish misalkan dengan cat. Proses pengerjaan terbilang bersih dan cepat karena tidak berurusan dengan acian seperti dinding konvensional.

Gypsum untuk Kamar Mandi

Kini panel gypsum dapat diterapkan di area basah dan lembab seperti kamar mandi, dapur dsb. Ukuranya sama seperti standar namun berwarna hijau. Warna tersebut untuk mengindikasikan adanya formula khusus untuk mencegah jamur dengan formula yang mengandung special oil, lembab dapat dikurangi 95%.

Panel gypsum di area basah harus di tutup dengan lapisan dinding keramik . Keramik yang dapat digunakan maksimum memiliki ketebalan 12,5 mm dengan bobot < 32 kg untuk merekatkan keramik ke panel menggunakan lem waterproofing tile adhesive. Contoh Merk : Knauf

Nama : Dinding Gypsum untuk kamar mandi
Ukuran : 1,2 X 2,4 m/ lembar
Tebal berat :
tebal 9mm, berat 19kg
tebal 12mm, berat 27kg

1 komentar: