Home » » Lantai Granit Buatan (Homogeneous Tile)

Lantai Granit Buatan (Homogeneous Tile)

Produsen pelapis lantai telah menghasilkan satu produk ubin berteknologi tinggi bernama homogeneous tile, populer dengan sebutan granit buatan. Kalangan industri material menyebut granit buatan dengan istilah keramik granit. Di katakan demikian karena jenis ubin ini diproduksi dalam bentuk keping selayaknya ubin keramik untuk penutup lantai. Selain itu, granit buatan disebut juga dengan istilah vitrified tile yang artinya dibuat melalui pemanasan yang tinggi. Pada beberapa merk, ada pula ubin yang atasnya diberi lapisan glasir atau pembuatan motifnya melaui proses printing (sehingga tidak homogen lagi). Ubin jenis ini dikenal dengan istilah porcelain tile.


Struktur ubin granit buatan 
Pada prinsipnya, granit buatan diciptakan melalui pembuatan yang meniru proses terjadinya batu alam tapi dalam kurun waktu yang dipercepat. Bahan dasar yang digunakan pun sama seperti partikel penyusunan batu alam. Seluruh partikel ini kemudian diproses dengan tekanan dan suhu tinggi. Sedangkan untuk mendapatkan permukaan yang rata, granit buatan yang sudah jadi kemudian digerus dengan mata berlian. Hasilnya, struktur dan wujud ubin ini menyerupai batuan granit.

Proses seperti itu menyebabkan seluruh bagian ubin granit buatan ini menjadi satu kesatuan (homogen oleh sebab itu disebut homogeneous tile), tidak seperti keramik yang bagian teratasnya digelasir, pada satu keping ubin yang strukturnya homogen, semua susunan partikelnya sama dari lapisan bawah hingga yang teratas, bagian dalam maupun luar. Ini berarti bila terjadi goresan pada permukaan teratas, maka tidak akan merusak penampilan lantai secara keseluruhan.

Granit buatan merupakan hasil pengembangan lapisan lantai dengan mereduksi kekurangan pada beberapa pelapis lantai seperti marmer, granit alami, dan keramik.Tampilan alami seperti batu alam, namun kekuatanya lebih baik dan awet dibandingkan batu alam atau ubin keramik (karena strukturnya solid). Instalasinya pun lebih hemat waktu. Ubin keramik harus direndam dulu sebelum dipasang, tapi ubin granit buatan bisa langsung dipasang. Jika dibandingkan dengan granit alami atau marmer, perawatan granit buatan jauh lebih mudah dan murah. Ini disebabkan karena pori-pori granit buatan sangatlah kecil. Alternatif motifnya pun lebih beragam karena wujud akhir ubin granit buatan tergantung dari partikel penyusunnya. Granit buatan ini tidak setebal granit alam (8mm-10mm).

Homogeneous tile tersedia dalam berbagai motif antara lain granit (berbintik-bintik kecil), marmer (berurat-urat), mono colour (warna polos) dan rustic (batu alam yang kasar dan tak beraturan).
Permukanya pun ada 3 macam yaitu polished (permukaanya licin karena dipoles proses ini yang menyebakan harganya 3-4 kali dibanding keramik), unpolished (tidak dipoles), dan rustic (kasar).
Granit buatan juga telah dimodifikasi menjadi motif-motif menarik dengan sistem penyusunan mozaik. Potongan ubin disusun menjadi motif atau gambar tertentu dari yang sederhana hingga rumit. Ada beberapa jenis mozaik, yakni yang standar dan custom (dipesan khusus).

Contoh merk : granito, impero, indogress, essenzabr

Cara pemasangan granit buatan 

Memasang granit buatan tidak lebih sulit dibandingkan dengan memasang ubin keramik biasa, dan jauh lebih mudah ketimbang memasang granit atau marmer alam yang butuh perlakuan khusus sebelum dipasang. Sebelum dipasang ubin ini tidak perlu direndam dalam air (yang biasa dilakukan sebelum memasang ubin lantai keramik). Bagian tepi ubin ini tidak rata melainkan sedikit dibevel (dibuat miring). Lebar nat yang di sarankan adalah 2mm, diukur dari badan ke badan ubinya, bukan dari bevelnya. Nat ini lebih baik berupa grouting khusus yang banyak tersedia di pasaran. Bila semen putih yang akan digunakan sebagai pengisi nat, campurlah semen putih dengan polymer agar daya rekatnya lebih kuat.

Masalah ubin popping (ubin terangkat) juga dialami granit buatan ini. Penyebab utamanya adalah porousitas bahan, kesalahan pemasangan dan pergerakan bangunan. Untuk mengantisipasinya, pada setiap ruang disediakan expansion joint, yaitu celah yang dapat menampung pergeseran ubin akibat muai susut atau pergerakan bangunan. Celah selebar sekitar 1cm ini diisi bahan yang fleksibel seperti karet, silikon, atau styrofoam. Agar tidak menggangu pemandangan, expansion joint ini umumnya dipasang pada pertemuan dinding dan lantai. Bisa juga celah ini dikamuflasekan pada peralihan warna lantai atau diantara 2 kolom.

Tips pemasangan granit buatan (homogeneous tile)
  1. Lakukan pemasangan dengan menggunakan nat/grouting sebesar 2mm untuk setiap pemasangan keramik. Nat ini dapat membantu terciptanya pemasangan yang lebih baik.
  2. Aplikasikan juga dengan komposisi semen/adhesive yang sesuai. Hal ini untuk menghindari terjadinya popping atau keramik lepas di kemudian hari.
  3. Pada saat pemasangan, pastikan ubin tidak terkena noda atau benda yang dapat merusak ubin. Tutup permukaanya dengan plastik atau karton tebal bila pekerjaan di atas ubin belum selesai.
Langkah pemasangan granit buatan (homogeneous tile)

Agar hasilnya rapi. Simak langkah-langkah pemasangan granit buatan berikut ini :
  • Pastikan permukaan lantai rata sebelum mulai memasang ubin. Buat adukan semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 3 atau 1 : 5
  • Pasangkah kepingan ubin dengan adukan semen sebagai perekatnya. Ketuk-ketuk sedikit agar kedudukan ubin lebih mantap.
  • Beri jarak sekitr 2mm antara ubin yang satu dengan yang lain sebagai nat. Isi nat ini dengan bahan pengisi nat khusus. Agar tampak rapi, pilih warna nat yang senada dengan warna ubin.
  • Ratakan nat dengan kape karet. Kemudian, bersihkan sisa-sisa semen atau pengisi nat yang masih nenempel pada permukaan ubin.
  • Memilih merk granit buatan
  • Kekuatan ubin sangat penting. Sebelum membeli, lihat spesifikasi produk yang umumnya dicantumkan pada kemasan
  • Harga biasanya menunjukan kualitas dan kekuatan ubin. Dengan kata lain ubin dengan harga lebih mahal seharusnya menawarkan kualitas yang lebih baik.
  • Pori-pori yang terlihat jelas pada permukaan ubin menjadi indikasi bahwa kualitas produk kurang baik. Selain lebih porous (murah menyerap air), kekuatan ubin juga berkurang apabila pori-pori ubin besar.
  • Dukungan produsen menjadi pertimbangan yang tidak bisa diabaikan. Beberapa produsen sudah menyediakan layanan desain, konsultasi sampai supervisi pemasangan-produsen yang memiliki pabrik di indonesia akan lebih mudah memenuhi permintaan khusus atau melayani klaim dari konsumen.
Kelebihan :
  • Pori-porinya lebih kecil sehingga daya serap air rendah 
  • Pemasangannya mudah
  • Perawatanya lebih mudah


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer