Home » » Tegel Cap Kunci

Tegel Cap Kunci

Ubin tegel cap kunci sudah ada sejak tahun 1928 dan kini semakin menunjukan eksistensinya. Ubin ini diproduksi di jl. KS Tubun No. 95 , Yogyakarta.

Ubin tegel merupakan ubin penutup lantai yang berbeda dengan ubin biasa pada umumnya. Tidak seperti ubin biasa yang mengalami proses pengeringan dengan dioven, ubin ini dikeringkan dengan cara direndam air dan diangin-anginkan. Cara tersebut menghasilkan ubin tegel yang memiliki pori-pori besar serta memberikan efek dingin pada ruangan. Ini membuat ubin tersebut cocok sekali digunakan sebagai penutup lantai pada daerah beriklim tropis seperti indonesia.


Ubin tegel ini merupakan produk buatan tangan (hand made), bukan pabrikan seperti ubin biasa. Ubin ini dibuat satu persatu, sehingga cetakan tidak dapat presisi benar. Kelemahan lain dari ubin tegel ini adalah kebocoran pada sablon saat mencetak ubin tegel motif, sehingga motif menjadi tidak sempurna.

Retak rambut juga merupakan kelemahan dari ubin tegel. Hal ini disebabkan proses pengeringan yang sangat bergantung pada cuaca. Jika cuaca panas maka akan terjadi retak rambut. Namun kelemahan-kelemahan ini, bagi sebagian orang justru menjadi nilai lebih ubin tegel. Itulah sebabnya ubin tegel cap kunci semakin tampak antik, langka,dan eksklusif. Banyak konsumen yang mempertahankan bahkan mencari cacat/rusak pada ubin tegel untuk memperoleh kesan antik dan eksklusif.

Banyak motif dan warna
Ubin tegel cap kunci memiliki banyak ragam motif dan warna. Ubin tegel ini terdiri dari dua macam yaitu tekstur dan non tekstur. Pilihan motif dan komposisi warna ditentukan. Oleh pemesan dari pilihan motif yang telah tersedia.

Aplikasi tegel kunci pada dapur

Pembeli bisa memesan motif buatan sendiri, namun akan dikenai harga yang jauh lebih tinggi, akibat biaya pembuatan cetakan sablon. Disamping itu para pemesan tidak dapat membawa cetakan sablon tersebut. (Karena cetakan kemudian akan dihancurkan).

Aplikasi tegel kunci pada tangga

Harga tegel bervariasi, mulai dari yang standar hingga warna khusus (warna paling tua yang dapat dihasilkan). Harga ditentukan berdasarkan penggunaan warna terbanyak.
Pembelian ubin tegel cap kunci  dilakukan dengan pemesanan selama 3-4 bulan. Tapi tak tertutup  untuk pembelian ready stock, khususnya untuk ubin tegel reject (rusak/cacat) dan ubin tegel sisa pesanan.

Ubin ini dijual per meter persegi dan tidak dibatasi jumlahnya. Berapapun pesanananya akan dilayani meskipun hanya 1 m². Khusus ubin tegel reject dapat dibeli perbuah.

Pemasangan ubin tegel
Pada dasarnya, pekerjaan memasang dan memoles tegel membutuhkan ruang dan waktu kerja tersendiri. Pekerjaan ini tidak dapat digangu oleh pekerjaan lainya, disamping tenaga kerja yang harus tlaten.

Proses nya adaklah sebagai berikut
  1. Permukaan yang akan dipasangi tegel, diurug rata menggunakan pasir dengan ketebalan 10 cm dan disiram air sampai lembab.
  2. Adonan pasir dan gamping/mill putih (perbandingan 5 : 2) diratakan pada permukaan tadi dengan ketebalan 2-3 cm, kemudian ditabur semen abu-abu secukupnya.
  3. Tegel dipasang sesuai desain yang dikehendaki. Pada tahap pemasangan ini diupayakan seluruh permukaan tegel benar-benar rata, sekaligus dilakukan penyortiran tegel yang kurang baik untuk dipasang dipinggir atau dipotong
  4. Setelah tegel dipasang, diamkan selama 1 (satu) hari. Setelah itu dilakukan perataan permukaan lagi dengan menaikan /menurunkan tegel terpasang
  5. Langkah selanjutnya adalah pemberian joint cement/kolotan pada celah pemasangan tegel dan diamkan selama 20-30 hari agar joint cement benar-benar keras dan siap untuk pekerjaan pemolesan
  6. Pemolesan dilakukan dengan menggunakanesin gerinda dan dilakukan 2-3 kali sampai terlihat mengkilap.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer