Home » » Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Metode pelat baja gelonbang atau bondeck yang disebut juga dengan floordecking ini pun menghemat pemakaian beton sebanyak 17-25% (tergantung tebal pelat lantai yang dibuat). Pada struktur beton, pelat ini dicor ke balok atau dinding, sedangkan di struktur baja, pelat diletakan diatas rangka dan dilas. Tiang perancah masih diperlukan saat pemasangan, namun lebih sedikit bila dibandingkan dengan dak konvensional. Pelat baja dijual dalam bentuk lembaran. Material ini terbuat dari baja yang dilapisi galvanis. Bentuknya lembaran setebal 0,75 mm - 1 mm, dengan panjang bisa disesuaikan pesanan tapi panjang maksimum yang dianjurkan adalah 12 m dan lebar 1 m. Material ini berbentuk lembaran bergelombang dengan emboss pada permukaanya. Bentuk gelombang ini berfungsi sebagai tulangan positif satu arah yang memberikan kekuatan, serta memberikan sifat monolit yang baik antar panel dengan beton.



Pemasangan
Pemasangannya langsung digelar diatas balok beton atau balok baja IWF. Di atas pelat bondeck dipasangi besi beton dua baris di bagain bawahnya, sedangkan bagian atas tidak. Pemasangan pelat bondeck yang menempel di balok baja harus dibuatkan besi penghubung (shear connector). Shear connector ini berfungsi untuk menyatukan dua benda yang berbeda karakteristik. Shear connector berdiameter 10 mm atau 12 mm dan dipasang dengan jarak 20-30 cm.


Keunggulan pelat baja ini adalah pemasanganya yang cepat karena berbentuk lembaran yang sudah jadi dan tinggal dipasang di tempat. Selain itu bahan ini juga dapat menutup area yang luas karena dapat langsung dipasang 2-3 bentang. Disini tidak lagi dibutuhkan bekisting. Namun demikian tiang penyangga sementara tetap diperlukan untuk mencegah panel melendut pada waktu beton masih basah. Tiang penyangga ini dapat dilepas setelah beton berumur 7-14 hari. Sementara lantai ini baru dapat diberikan beban secara penuh setelah beton berumur 28 hari. Bila dibandingkan cara konvensional, penggunaan bahan ini bisa menghemat volume beton sebesar 17-25%. Selain pemasanganya yang lebih cepat, material ini juga unggul karena memiliki tingkat ketahanan api mencapai 2 jam.
Penggunaan 
Pelat bondeck jarang dipakai untuk rumah tinggal bertingkat karena secara estetika kurang bagus dan harganyapun mahal. Pelat bondeck banyak dimanfaatkan untuk merenovasi bangunan ruko, pabrik, mushola, masjid dan kantor menjadi dua lantai hingga lebih. Namun, karena waktu pemasanganya relatif cepat, sistem ini juga layak diterapkan untuk membangun rumah bertingkat.

Kelebihan :
  • Pemasanganya cepat sehingga dapat menghemat biaya pemasangan karena tidak membutuhkan bekisting.
  • Menhemat biaya dibanding sistem dak beton konvensional karena menghemat volume beton hingga 17-25%.
  • Lebih tahan terhadap api dibanding dak konvensional.
  • Umumnya tidak diberi plafon sehingga mengurangi biaya pekerjaan plafon. 

Kekurangan :
  • Biayanya cenderung tinggi
  • Kurang estetik jika diberi plafon pada bagian bawahnya





Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer