Home » , » Dak Keraton (Keramik Kompisit Beton), Bata untuk ngedak

Dak Keraton (Keramik Kompisit Beton), Bata untuk ngedak

Dulu orang membuat dak atau plat lantai dari campuran semen dan pasir, kini  ada cara yang lebih praktis yaitu keraton yang merupakan singkatan keramik komposit beton. Di luar negeri, Keraton biasanya disebut dengan ceiling brick (bata untuk plafon).

 Keraton, bata untuk dak

Bentuk bahan keraton menyerupai batu bata tapi bagian tengahnya berlubang-lubang. Lubang ini bukanlah sembarang lubang, melainkan konstruksi yang sudah dihitung dengan tepat sehingga membuat bahan ini kuat untuk digunakan sebagai plat lantai. Masing-masing merek memiliki bentuk lubang yang berbeda-beda. Keraton yang baik adalah campuran lempung yang dipanasi sampai diatas 1000°C.
Pemasangan keraton pada dak atau plat lantai

Dengan ukuran sekitar 25cm (p) x 20cm (l) x 12cm (t), keraton dipasang dengan cara disusun hingga membentuk satu rangkaian berbentuk panjang, dengan bentangan maksimum 4 meter. Antara balok yang satu dengan yang lain direkatkan menggunakan adukan semen dan pasir 1 : 3. Produsen juga telah menyediakan keraton dalam ukuran 1/2 untuk di ujung, sehingga orang tidak perlu memotong.
Setelah jadi sejumlah rangkaian, baru keraton di pasang ditempatnya. Rangkaian yang satu direkatkan dengan rangkaian yang lainnya menggunakan campuran semen yang diberi tulangan (jadi tulanganya searah). Kemudian setelah pelat lantai jadi, tinggal diberi acian, dan dipasangi keramik. Inilah yang membuat keraton lebih praktis dan cepat ketimbang proses pengecoran. Membuat plat lantai dengan keraton menghemat biaya 30% dibandingkan dengan pekerjaan mengecor beton. Hal ini karena keraton tidak membutuhkan bekisting dan hanya sedikit menggunakan tulangan.

Selain itu karena pemasanganya mudah dan tenaga yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Orang bisa membuat satu rangkaian dengan bentangan 4 meter dalam waktu 20-30 menit. Sekalipun bobotnya 40% lebih ringan dari beton cor dan pemasanganya lebih cepat, keraton memiliki kuat tekan yang kurang lebih sama dengan beton cor yaitu 350kg/m². Produsen menyediakan keraton dengan dengan ketebalan 10cm dan 12cm. Untuk setiap 1m² dibutuhkan 18 buah keraton.



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer