Home » » Kaca Melton (Melton Glass)

Kaca Melton (Melton Glass)

Kaca melton (Melton glass) berasal dari kata “melt” dan “on” yang berarti kaca yang dilumerkan. Kaca melton biasa juga disebut dengan kaca bakar/formed glass/foaming glass. Kaca melton adalah kaca yang diperoleh dengan cara mencairkan/melumerkan kaca bening (kaca float) melalui proses pembakaran dengan suhu 900 derajat celcius selama 20 jam dengan oven, dalam proses tersebut dipakai cetakan yang nantinya akan menentukan pola tekstur akhir kaca. Jadi, tekstur yang berbeda memerlukan cetakan yang berbeda pula. Permukaan kaca melton mempunyai bentuk yang mirip dengan es batu yang dipahat/diukir, warnanya cenderung doff tapi tidak transparan dan memiliki tekstur pada permukaanya. Tekstur tersebut terbentuk melalui pelumeran bahan baku kaca float melalui pemanasan. Kaca melton memiliki teksur yang indah dan artistik . semakin tebal kaca semakin baik kualitasnya. Motif kaca jenis ini juga bervariatif antara lain motif lelehan air, bunga, daun dan sebagainya.


Aplikasi kaca melton pada kolam 

Tidak seperti kaca patri dan kaca inlay, bagian depan dan belakang kaca melton tidak dilapisi kaca tempered. Alasannya, tekstur kaca yang menjadi kekuatanya justru akan hilang. Karena itu, dengan ketebalan ± 0,5 cm, sudah semestinya peletakan kaca melton dipikirkan masak-masak. Aplikasikan kaca melton di ruang atau dinding yang tidak beresiko terkena benturan atau lemparan benda asing seperti pada partisi, jendela, pintu kamar mandi atau kamar tidur,  elemen dekoratif seperti hiasan dinding,  kap lampu, dan vas.

Aplikasi kaca melton pada pintu

Selain itu Anda juga bisa mengolah kaca melton menjadi piring, perhiasan bahkan cindera mata. Kemungkinan pengaplikasianya cukup variatif sehingga penggemar kaca ini cukup banyak. Desain tekstur dan polanya dapat dibuat sesuai dengan keinginan konsumen, dengan catatan harga yang dikenakan akan berbeda dibandingkan harga untuk pola yang sudah dimiliki produsen.





Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer