Home » » Macam Kaca Olahan

Macam Kaca Olahan

Pada intinya ada empat macam kaca yaitu kaca bening, kaca memantul (reflected) dan kaca warna (cokelat, hitam/rayban, biru dan hijau). Dari jenis-jenis kaca tersebut dapat diolah lagi menjadi jenis kaca seni (art glass) , misalnya digafir, dibakar, dikombinasikan atau dilapisi kaca film.


Di pasaran kaca-kaca hasil olahan yang mengalami pembakaran, pelapisan dan rangkap tersebut digolongkan menjadi lima bagian, yaitu sebagai berikut :

1. Kaca tempered
Kaca tempered (tempered glass/toughened glass/fix glass) merupakan jenis kaca warna atau bening (kaca float) yang mengalami proses pemanasan hingga 700 derajat celcius kemudian di dinginkan secara mendadak dengan menyemprotkan uap air. Baca selanjutnya ....

2. Kaca laminated
Kaca laminasi/kaca laminated adalah kaca yang terbentuk dari dua kaca warna atau kaca bening (kaca float) atau lebih yang disatukan melalui proses pemanasan dan pengepresan diantara lembaran kaca tersebut, bagian tengahnya diberi sejenis kaca film yaitu lapisan Polyvinyl Butyral (PVB). Baca selanjutnya ....

3. Kaca double (double glass)
Merupakan jenis kaca rangkap, tetapi bagian tengahnya diberi rongga antara 0,8-1 cm. Jenis kaca ini biasanya digunakan untuk ruangan yang kedap suara karena fungsinya menahan suara. 

4. Wire glass
Merupakan jenis kaca dari dua lembar kaca yang disatukan dengan bagian tengahnya diberi lapisan kawat sehingga menjadi sangat kuat.

5. Kaca Cermin
Kaca cermin merupakan jenis kaca polos yang salah satu bagian mukanya diberi lapisan sehingga dapat berfungsi sebagai cermin.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer