Home » » Lantai Marmer

Lantai Marmer

Lantai marmer merupakan pilihan yang pas bagi anda yang menginginkan tampilan mewah dan elegan tanpa sambungan pada hunian anda. Selain penampilanya yang berkelas, marmer juga memiliki motif yang pasti berbeda pada setiap lempengnya. Hal inilah yang mustahil diperoleh jika kita memakai material buatan pabrik. Warna yang tersedia cukup bervariasi misalnya hitam, krem, putih, abu-abu, hijau, biru, pink bahkan kemerahan. Harganya bisa relatif sangat mahal karena marmer terbentuk dari proses alam yang memakan waktu lama dan ukurannya menyesuaikan permintaan anda. Selain itu ketersedianya di alam terbatas sehingga membuat harga marmer reltif tinggi. Kelebihanya lantai ini tahan api dan lebih mampu menahan beban berat. Tapi kelemahan utamanya, jika terkena cairan berwarna seperti kopi, teh dan tinta akan meresap dan sulit dihilangkan. Hal ini dikarenakan memiliki pori-pori dan bersifat porous. Untuk mengantisipasinya, beri lapisan pelindung pada permukaan marmer. Sebaiknya jika anda memakai jasa pemasang marmer yang profesional mengingat biaya perbaikanya yang cukup mahal, apalagi jika anda harus harus membeli pengganti marmer yang rusak.

Aplikasi Lantai Marmer

Marmer juga bisa berlumut jika terkena cahaya matahari terus-menerus dan warnanya bisa berubah. Oleh karena itu, marmer cocok digunakan untuk interior saja seperti pada ruang tamu atau ruang keluarga. Area seperti foyer dan ruang duduk merupakan tepat pas untuk menghadirkan keindahan material alami yang satu ini. Jika anda ingin tampilan yang atraktif sekaligus rustic, jangan ragu untuk mengkombinasikan dua warna marmer. Kombinasi bisa dilakukan dengan cara menyusunya secara berselang-seling seperti papan catur, atau dengan border untuk hasil akhir yang lebih sederhana. Pemasangan lantai marmer di kamar mandi di area kering juga bisa saja dilakukan asal diberi treatment antiselip agar permukaanya tidak licin jika terkena air.

Aplikasi Lantai Marmer pada Kamar Mandi

Cara Perawatan Lantai Marmer

Untuk perawatanya sehingga tampil selalu cemerlang, lantai marmer harus dirawat dengan berbagai jenis perawatan seperti poles marmer dan poles teraso. Tentunya dengan biaya yang tidak murah. Tips jika ingin cara perawatan lantai marmer yang lebih murah yaitu dengan cara sebagai berikut pel lantai dengan cairan pembersih lantai, setelah kering, oleskan krim yang biasa digunakan untuk memoles badan mobil anda ke seluruh permukaan lantai marmer atau anda bisa hubungi jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Tunggu beberapa saat agar krim poles bisa meresap. Setelah dirasa cukup meresap, gosok lantai marmer dengan sabut cuci piring (spons berwarna hijau) sampai krim benar-benar hilang bisa juga dengan jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Bersihkan bekas krim dengan sapu, lalu pel lantai seperti biasa. Jika anda rajin mengulangi langkah ini setiap 2-3 bulan sekali, lantai marmer anda akan selalu kinclong seperti baru.

Perawatan marmer perlu ditangani secara hati-hati. Gunakan sapu yang halus dan kain pel yang lembab. Hindari cairan pembersih lantai yang terlalu keras atau bersufat abrasive karena bisa mengurangi kilap marmer, bahkan membuat warnanya pudar. Untuk menghindarkan marmer dari noda permanen, permukaanya wajib diberi lapisan pelindung. Pemberian lapisan ini tidak cukup hanya dilakukan sekali. Anda perlu mengulanginya lagi sesuai intruksi supplier. 

Marmer yang mengilap memang berkesan mewah dan elegan. Di sini warna krem marmer berpadu serasi dengan nuansa ruang secara keseluruhan. Aplikasikan marmer di kamar mandi bergaya modern. Untuk ruang makan, pastikan marmer yang anda pakai diberi lapisan pelindung. Tanpa lapisan pelindung, makanan dan minuman berwarna yang jatuh diatasnya bisa meninggalkan noda permanen. Lantai marmer dan dek kayu merupakan contoh perpaduan serasi yang melahirkan kesan elegan dan tropis.

Kelebihan Lantai marmer :
  • Kuat dan tidak getas, mampu menahan beban berat
  • Pola tidak ada yang sama
  • Tahan lama
  • Memiliki tampilan yang mewah
  • Memiliki kesan dingin dan kuat
Kekurangan lantai marmer :
  • Harganya cukup mahal, baik harga material maupun pemasangannya
  • Berkesan dingin dan agak kaku
  • Mudah bernoda dan tidak tahan air kecuali jika diberi lapisan pelindung
Baca juga : Macam Pilihan Bahan Material Penutup Lantai

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer