Home » » Kaca Tempered (Tempered Glass atau Toughened Glass)

Kaca Tempered (Tempered Glass atau Toughened Glass)

Kaca tempered (tempered glass/toughened glass/fix glass) merupakan jenis kaca warna atau bening (kaca float) yang mengalami proses pemanasan hingga 700 derajat celcius kemudian di dinginkan secara mendadak dengan menyemprotkan uap air. Dengan proses ini maka terjadi perubahan fisik kaca yaitu terjadi perubahan gaya tekan dan gaya tarik pada kaca tapi secara visual tidak terjadi perubahan. Proses ini menghasilkan kaca yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi, dibandingkan dengan kaca biasa. Dengan ketebalan yang sama, kekuatan kaca tempered mampu mencapai 3-5 kali lipat dari kekuatan kaca biasa, terhadap beban angin, tekanan air, benturan dan terhadap perubahan temperatur yang tinggi (thermal shock).

Kaca tempered apabila terkena benturan keras tak akan pecah menjadi besar dan tajam, melainkan hanya retak kemudian menjadi butiran kecil sehingga tidak membahayakan jiwa. Itulah sebabnya, kaca tempered memiliki kelebihan dari segi keselamatan (safety) dan keamaman. Selain itu kaca tempered juga dapat meredam panas dan suara bising.

Penggunaan kaca tempered terutama untuk bukaan-bukaan atau dinding kaca pada bangunan yang menuntut tingkat keamanan yang tinggi. Penggunaan yang lain adalah pintu-pintu tanpa rangka (frameless), seperti pintu utama maupun partisi kamar mandi.

Aplikasi kaca tempered pada railing tangga

Selain itu kaca tempered juga digunakan untuk railing kaca pada tangga dan void, eskalator dan lift. Dengan catatan kaca tempered tidak boleh diganggu oleh proses-proses lebih lanjut seperti pemotongan, penggosokan tepi, pembuatan lubang dan sebagainya. Proses-proses ini akan melemahkan kekuatan kaca bahkan dapat menyebabkan pecahnya kaca itu sendiri. Untuk itu semua ukuran dan jenis asesoris harus sudah dapat ditentukan dengan pasti sebelum proses tempered dilakukan. 

Kaca tempered banyak diaplikasikan pada bangunan kantor, hotel, bandara, mall. Umumnya penggunaan jenis kaca tempered untuk daun pintu. Pada industri otomotif, kaca tempered diaplikasikan pada pembuatan kaca mobil karena keunggulanya dalam segi keselamatanya (safety).


Ketebalan kaca tempered yang tersedia di pasaran antara lain tebal 3 mm, 4 mm, 5 mm, 6mm, 8mm, 9mm, 10mm, 12mm, dan 15mm. Warna yang tersedia adalah clear, darkgrey, mislite dan stopsol. Ukuran standar maksimumnya 2134mm x 3048mm.





Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer