Home » » Genteng Keramik

Genteng Keramik

Sekalipun banyak bermunculan bahan baru untuk genteng, genteng keramik tetap banyak digunakan dan disukai. Bahan keramik terbuat dari tanah liat yang mempunyai sifat memantulkan panas hingga 90%. Dengan demikian ruangan di bawahnya akan menjadi lebih dingin. Meskipun tidak memikul beban bangunan, kekuatan genteng sangat penting. Genteng perlu kuat agar tidak mudah pecah atau retak sekalipun setiap hari terpapar panas dan hujan dan sekali-kali terinjak ketika harus membetulkan atap.

Proses pembakaran genteng keramik akan sangat berpengaruh pada kekuatan genteng tersebut. Semakin tinggi suhu yang digunakan saat pembakaran, maka genteng tersebut semakin kuat. Ketahananya bisa mencapai 20 tahun. Selain kuat genteng juga harus presisi sehingga tidak tidak akan banyak celah yang bisa menimbulkan kebocoran.

Penutup atap genteng keramik

Genteng keramik dipasang tepat diatas reng. Bentuknya yang berlekuk akan memudahkannya untuk mencantolkanya pada reng. Agar genteng dapat terpasang dengan rapi dan tidak ada celah/lubang yang dapat mengakibatkan kebocoran, pemasangan reng harus tepat tegak lurus dengan kasau. Selain itu juga harus rata air maksudnya permukaan tiap reng harus sejajar. Jarak antar reng juga disesuaikan dengan lebar genteng yang akan dipasang.

Untuk menentukan banyaknya kebutuhan genteng, ukur luasan atap dahulu, baru hitunglah jumlah keping genteng dengan membagi luasan atap dengan dimensi genteng. Genteng keramik jaman sekarang umumnya dilapis gelazur yang fungsinya mempertahankan warna serta sebagai lapisan anti jamur. Warna yang tersedia pun beragam Teknologi pembuatan genteng keramik memungkinkan sekeping genteng dilengkapi tonjolan serupa tanggul untuk mencegah bocor dan tampias. Tanggul ini ada yang terdapat di sisi kiri dan atas genteng, sehingga tidak menyisakan celah bagi masuknya air hujan. Sistem interlockingnya membuat genteng saling bertaut, tidak mudah lepas Untuk melengkapi sistem atap, Tersedia aksesori seperti genteng khusus jurai, genteng berventilasi, serta genteng cerobong. Untuk penutup atap genteng kemiringan atap minimum adalah 35°dan maksimal 60°.

Genteng keramik bertumpu pada rangka kayu maupun beton. Untuk genteng berdemensi 31cm x 32 cm dengan berat 3-3,5 kg per buahnya. Genteng ini cocok digunakan untuk rumah jenis apa saja dari tropis, modern, mediterania, atau rumah bergaya klasik. Untuk harga anda perlu mengeluarkan harga yang lebih besar. Namun dengan kelebihan yang ditawarkan oleh genteng keramik, kepuasan yang didapatkan akan lebih tinggi.

Macam genteng keramik
  • Genteng kampung/biasa plentong
Genteng ini ringan dan tidak terlalu kuat dipijak. Ukuran genteng plentong bermacam-macam antara lain : 20cm x 28cm, 22cm x 30cm, 24cm x 30cm
  • Genteng kodok/press
Dulu genteng kodok dibuat dengan cara di bakar di tungku, seperti halnya bata metah. Oleh sebab itu, warnanya pun beragam akibat proses pembakaran yang tidak merata. Kini genteng kodok di produksi di pabrik sehingga warnanya menjadi lebih homogen dan tersedia dalam berbagai pilihan warna, baik warna yang homogen/klasik ataupaun warna yang heterogen, rustic. Genteng jenis ini cukup tebal dan agak berat sehingga kuat untuk dipijak. Ukuran genteng kodok bermacam-macam antara lain : 22cm x 28cm, 23cm x 29cm. Rumah bergaya natural, paling pas dinaungi genteng keramik berbahan tanah liat. Dahulu, genteng kodok produksi industri rumahan mendominasi pasar, kini banyak tersedia genteng keramik keluaran pabrik yang antara lain mempunyai keunggulan lebih presisi dan anti jamur.

Genteng kodok biasanya tidak bergelasir, sehingga lama kelamaan berlumut. Tetapi justru ketidakseragaman dan sifatnya yang tidak anti lumut ini yang dicari orang. Atap jadi tampak lebih alami, persis seperti rumah-rumah di kampung.

Kelebihan :
  • Mempunyai sifat memantulkan panas matahari sehingga didalam rumah akan terasa lebih adem
  • Lebih tahan lama
  • Kuat menahan beban manusia jika diinjak pada saat pemasangan maupun penggantian 
  • Cocok untuk digunakan untuk daerah tropis yang sering mengalami pergantian cuaca hujan dan panas yang dapat menyebabkan warna cepat pudar.
  • Cocok untuk rumah gaya apappun
  • khusus untuk genteng bergelazuur, warnanya tahan lama karena diproses pada saat pembakaran keramik dan tidak perlu pengecatan ulang.
Kekurangan : 
  • Diperlukan ketelitian pada saat pemasangan agar diperoleh kerapatan yang baik sehingga tidak terjadi kebocoran di dalam rumah
  • Kemiringan atap minimum 30 derajat agar air hujan dapat mengalir sempurna dan genteng tidak terlepas ketika diterpa angin. Jika dipasang pada kemiringan 45-60 derajat, perlu bantuan baut ketika memasang agar genteng tidak terlepas dan lebih kuat
  • Kurang presisi karena diproduksi oleh industri rumahan sehingga ada resiko kebocoran.
  • Harga relatif mahal khusus untuk genteng bergelazuur

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer