Home » » Lantai Granit

Lantai Granit

Granit merupakan material penutup lantai yang kuat dan tahan lama. Material ini memiliki corak yang khas yaitu corak bintik-bintik. Tampilan permukaannya memiliki semburat kilau seperti kristal seperti halnya marmer. Granit sensitif terhadap noda karena permukaanya yang memiliki pori-pori. Granit memiliki pori-pori yang lebh rapat daripada marmer sehingga dari segi perawatan, granit lebih mudah ditangani daripada marmer.


Granit alam memiliki tekstur, motif, dan warna yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Bahkan tidak jarang granit yang berasal dari lokasi yang sama memiliki motif yang berbeda. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila granit alam memiliki variasi karakter yang cukup beragam. Karakter alami dan spesifik ini pun yang menyebabkan harga granit dari negara tertentu berbeda dengan negara lain.

Dipasaran granit tersedia dalam beragam ukuran. Bahkan pengguna bisa minta dibuatkan ukuran tertentu, sesuai kebutuhan. Rata-rata dijual dalam bentuk slab dengan panjang yang dapat disesuaikan bisa mencapai 3 meter. Granit ukuran slab biasanya dipakai untuk lantai eksterior dan top table kitchen set sedangkan ukuran cutting dipakai untuk lantai ruangan (interior).

Ada beberapa finishing yang umum dilakukan pada granit alam, antara lain yaitu :
  1. Polish dilakukan untuk menghasilkan granit yang permukaanya halus. Granit dengan permukaan halus digunakan sebagai lantai dalam ruangan (interior). Harganya lebih mahal dibanding granit dengan permukaan kasar (unpolish).
  2. Unpolish menghasilkan granit dengan permukaan kasar/bertekstur. Granit permukaan kasar banyak dipakai pada lantai eksterior seperti teras dan koridor
  3. Burn (bakar) dilakukan untuk mendapatkan granit dengan tekstur yang lebih menonjol dan proses ini dilakukan pada granit unpolish. Granit sistem bakar (dikenal dengan istilah “flame”) yang memiliki permukaan lebih kasar amat sesuai dengan kebutuhan lantai eksterior. Jenis granit yang dibakar sebaiknya yang memiliki kristal lebih kecil dan padat, sehingga jika dibakar permukaanya menjadi lebih tajam. Granit bakar juga umum digunakan untuk lantai kamar mandi meskipun hanya di area kering. Dengan penggunaan granit bakar, resiko untuk terpeleset karena lantai licin atau silau karena pantulan cahaya bisa diminimalisir.
Bahan granit juga tersedia dalam bentuk plint lantai (penutup bidang pertemuan lantai dan dinding).  Baca juga : Plint lantai, tameng dinding dari kotoran dan percikan air

Warna dan corak yang dimiliki granit memang amat bervariasi. Warna granit granit yang dikenal antara lain hitam, biru keabu-abuan, merah dan pink dengan bercak putih. Kualitas warna granit bisa ditingkatkan melalui proses flame texturing, dengan hasil akhir lebih berkesan rustic. Tidak berbeda dengan keramik, granitpun bisa diberi finishing glossy. Namun, anda harus berhati-hati saat memilih jenis finishing ini, sebab umumnya granit menjadi lebih licin, padahal setelah pemakaian bertahun-tahun secara otomatis granit akan menjadi licin. Granit tersedia dalam variasi ketebalan yang beraneka ragam. 

Untuk bidang lantai, anda tidak hanya bisa memanfaatkan warna-warna lembut. Warna solid seperti hitam doff justru banyak diminati. Selain itu, jangan ragu untuk menerapkan pola mozaik favorit anda pada lantai granit. “Untuk mozaik, hendaknya gunakan satu jenis saja. Hindari perpaduan dengan material lain, misalmya marmer, guna menghindari bahan pemolesan yang berbeda. Dikhawatirkan salah satu material akan kalah, menjadi buram atau kusam.

Selain untuk lantai, granit juga diaplikasikan pada dinding eksterior. Selain lebih kuat dibanding material lain, dinding granit juga tahan terhadap kondisi cuaca apapun. Serupa dengan keramik, granit dapat juga diaplikasikan sebagai penutup bidang dinding jika ingin tampilan dinding yang lebih mewah. Permukaan granit yang mengkilat memberikan suasana teduh pada ruang anda. Dan untuk pemakaian pada dinding, granit bisa memberikan efek yang berbeda pula. Jika menginginkan tampilan yang tidak hanya polos atau lebih bersinar, material batuan alam ini sangat tepat dijadikan pilihan. Sebagai variasi, buat granit menjadi mozaik. Aplikasikan pada dinding yang ingin anda tonjolkan. Tidak perlu khawatir, walaupun tidak lazim diterapkan pada dalam posisis vertikal, kekuatan material ini dapat dipercaya.


Untuk ukuran granit 60 x 60 cm banyak dipilih. Berapapun ukuran yang digunakan, pemasangan granit untuk bidang dinding bisa dilakukan dengan cara konvensional (menggunakan perekat), pemasangan kering (menggunakan kerangka, tanpa perekat), ataupun kombinasi. Lengkapi potongan-potongan granit tersebut dengan resin sebagai nat. Mengingat material ini cukup mahal, sebaiknya pengerjaanya diserahkan kepada tukang yang sudah ahli dalam memasang granit.

Kelebihan :
  • Kuat dan tidak getas, mampu menahan beban berat
  • Tahan terhadap air
  • Berkesan mewah
  • Memiliki kesan dingin dan kokoh
Kekurangan :
  • Harga cukup mahal, karena ketersediaan di alam yang terbatas
  • Perawatanya tidak mudah karena bersifat porous
Baca juga : Macam Pilihan Bahan Material Penutup Lantai

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer