Home » , » Kaca Inlay/Kaca Crystal Diamond (Diamond Glass)

Kaca Inlay/Kaca Crystal Diamond (Diamond Glass)

Kaca inlay terlihat seperti kristal dan memiliki tekstur yang rata dan licin. Proses pembuatanya sama seperti kaca patri bedanya terletak pada proses merangkai kaca. Pada kaca ini proses penyatuan menggunakan sinar laser. Karena tampilanya yang seperti kristal, penggunaan kaca ini akan membuat bangunan terlihat mewah. Kaca jenis ini sangat pas diterapkan pada rumah bergaya mediterania yang memiliki jendela-jendela lengkung.

Kaca inlay pada pintu

Tak kalah dengan kaca patri, inlay glass atau diamond glass juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif kaca dekoratif dalam hunian. Bahkan bagi sebagian orang, kaca ini dianggap memiliki tampilan yang lebih mewah dan elegan.

Kaca inlay dengan  pola susunan diamond

Berbeda dengan kaca patri, hasil seni yang satu ini diproses dari potongan kaca yang dirangkai menurut pola tertentu dan direkatkan dengan lem khusus, bukan disolder seperti kaca patri. Hasilnya kemudian dipanaskan dengan suhu tertetu sehingga merekat sempurna. Potongan kaca yang membentuk pola biasanya dijadikan bevel terlebih dulu sehingga diperoleh kesan 3 dimensi yang lebih indah dan mengilap seperti berlian. Yang dimaksud dengan bevel adalah proses pemotongan tepi kaca sehingga membentuk sudut yang landai (tidak tajam).

Seperti halnya kaca patri, inlay glass juga dapat diberi kaca pelindung tambahan yang dipasang pada bagain depan dan belakangnya. Kaca pelindung yang dipakai adalah tempered glass yang memiliki sifat tahan bentur. Dengan lapisan ini, jika terkena benturan yang sangat keras, inlay glass tidak akan pecah menjadi pecahan yang besar dan tajam, melainkan retak menjadi butiran yang sangat kecil. Selain itu, ia juga dapat meredam panas dan suara, serta lebih kuat.

Sebagai catatan, ketebalan inlay glass setelah diberi lapisan tempered glass mencapai 2,2 cm. Jika anda tertarik mengaplikasikanya, persiapkan kusen yang sesuai untuk ketebalan kaca ini. Anda bisa memilih kusen Alumunium maupun kusen kayu.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer